Cara Mengatasi Lalat Buah Pada Tanaman Cabai

Pada musim panen, seringkali petani mengalami gagal panen akibat tanaman cabai yang rontok dan membusuk. Salah satu dari penyebab penyakit rontok dan membusuk pada cabai adalah Lalat Buah. Lalat Buah merupakan serangga hama yang menjadi salah satu penyebab kerusakan pada tanaman cabai dengan meletakkan telurnya ke dalam buah cabai.

Dampak dari serangan dari hama lalat buah pada cabai adalah buah cabai yang membusuk, berlubang, berwarna kecoklatan, mengeriput, dan akhirnya rontok.

mengatasi lalat buah pada cabai
Cabai Merah src: produknaturalnusantara.com



Untuk menghindari gagal panen pada cabai, berikut cara mengatasi dan mengendalikan hama lalat buah pada tanaman cabai:


Mengatur Pola Pemberian Pupuk

Untuk mengatasi hama lalat buah, mengatur pola pemberian pupuk penting agar menghasilkan buah cabai yang padat, mengkilat, dengan kadar air yang rendah. Karena buah cabai yang tipis dengan kadar air yang tinggi sangat rentan terhadap serangan lalat buah. Cara mengatur pemberian pupuk ialah dengan memberikan sedikit mungkin pupuk yang mengandung nitrogen.


Memasang Perangkap Lalat Buah

Memasang perangkap bisa dengan memasang tongkat yang telah dipasang botol dengan Metyl Euganol, perangkap ini sebaiknya dipasang di tengah tanaman juga di luar lokasi tanaman. Perangkap ini berguna untuk mengurangi dan mencegah serangan hama lalat buah pada cabai.
Melakukan Penyemprotan Insektisida Alami

Penyemprotan Insektisida juga perlu untuk menghalangi lalat bertelur di dalam buah cabai. Meski tidak bisa membuat ahama lalat buah mati, tapi insektisida mampu membuat lalat buah tidak mau hinggap untuk makan dan bertelur di buah cabai.
Penyemprotan sebaiknya dilakukan di jam aktif terbang hama lalat buah yaitu pagi sekitar jam 06.00-09.00 pagi dan jam 15.00-18.00 sore hari.


Melakukan Pengasapan

Pengasapan dilakukan untuk mengusir hama lalat buah di area tanaman cabai. Caranya adalah dengan membakar sampah yang menghasilkan banyak asap, gumpalan asap ini akan mengusir hama lalat buah.


Sekian informasi tentang Cara Mengatasi Lalat Buah pada Tanaman Cabai, semoga bermanfaat.




Share on Google Plus

About Unknown

Memberikan Informasi Tentang Cabai seputar manfaat, kegunaan, cara merawat, dan cara menanam cabai.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar