Untungnya Menanam dan Merawat Cabai Hias Pelangi

Cabai Pelangi yang berwarna-warni cukup populer belakangan ini. Dengan nama asli Bolivian Rainbow, Cabai Pelangi yang berasal dari Amerika  merupakan cabai yang bentuknya kecil seperti cabai rawit tapi lebih gemuk dan memiliki warna yang berbeda di satu pohon cabai yaitu merah, orange, kuning, ungu, dan warna lainnya. Cabai Pelangi memiliki warna yang beragam akibat dari proses pematangannya yang tidak bersamaan.


cabai pelangi


Bentuknya kecil mirip seperti cabai rawit tetapi lebih gemuk. Kenapa Cabai Pelangi tidak digunakan sebagai bahan makanan? ini karena tingkat kepedasannya lebih rendah yaitu antara 5000 - 30.000 SHU sedangkan cabai rawit memiliki tingkat kepedasan 50.000 - 100.000 SHU dan karena warna nya yang unik berwarna warni, cabai pelangi kebanyakan digunakan sebagai tanaman hias

Cara Menanam dan Merawat Cabai Hias Pelangi

Cabai Pelangi atau Bolivian Rainow sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah karena selain unik berwarna warni, perawatannya juga tidak merepotkan, sama seperti keluarga cabai lainnya.

Pertama siapkan media tanam berupa tanah yang penuh unsur hara dan dicampur dengan pupuk kandang. Gunakan pot yang memiliki lubang dibagian bawahnya agar air tidak menggenang di pot karena cabai sulit tumbuh di tanah berair.

Selanjutnya pilih biji yang kering. Kemudian rendam di dalam air setelah itu sebar di pot plastik. jangan lupa siram secara berkala dan tunas pun akan tumbuh dalam beberapa hari. Bibit bisa dipindahkan ke pot bunga yang lebih besar ketika berukuran sekitar 10cm. Pindahkan secara hati-hati jangan sampai merusak batang dan akar pohon. Perawatan selanjutnya adalah dengan menyiram seperti biasa.



Keuntungan Menanam Cabai Pelangi

Cabai Pelangi atau Bolivian Rainbow memiliki warna yang menarik dan dapat memperindah pekarangan rumah. Alat dan media yang dibutuhkan pun tidak sulit dicari dan cara menanamnya juga mudah apalagi cara merawatnya yang cukup disiram secara berkala saja.

Karena cabai hias ini murah dan mudah untuk dibudidayakan, Cabai Pelangi cocok menjadi peluang bisnis. Untuk lahan tidak perlu lahan yang terlalu luas untuk membudidayakan Cabai Pelangi. Satu buah cabai bisa menghasilkan beberapa tunas baru dan tambahkan pupuk khusus agar akar lebih kuat. Bibit benih Cabai Pelangi bisa dijual dengan kisaran harga Rp.10.000 - Rp.30.000 per paket.


Sekian informasi tentang Cabai Hias Pelangi atau Bolivian Rainbow. Tertarik untuk menanam dan menjadi pengusaha Cabai Pelangi? :)
Share on Google Plus

About Unknown

Memberikan Informasi Tentang Cabai seputar manfaat, kegunaan, cara merawat, dan cara menanam cabai.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar