4 Langkah Menanam Cabai Keriting di Pot Halaman Rumah

Cabai Keriting merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam rumah tangga. Hampir setiap hari para ibu-ibu ke kedai atau ke pasar untuk membeli cabai sebagai bahan untuk masakannya. Kebutuhan akan Cabai Keriting terus meningkat dan harganya semakin naik apalagi ketika menuju hari besar seperti hari raya.

cara menanam cabai keriting
Cabai Keriting merupakan salah satu kebutuhan pokok memasak
sumber: hortindo.org


Pengeluaran rumah tangga karena Cabai Keriting bisa dikurangi dengan cara menanam Cabai Keriting di pot halaman atau pekarangan rumah. Selain bisa mengurangi pengeluaran, menanam Cabai Keriting juga bisa memperindah pekarangan rumah. Berikut 4 langkah menanam Cabai Keriting di pot halaman rumah:


1. Buat Benih Cabai Keriting Sendiri


Pilih buah cabai yang sudah tua dan sehat dengan ukuran buah yang seragam, kemudian sayat untuk mengambil biji cabai. Cuci biji cabai sampai bersih dan rendam, ambil biji cabai yang tenggelam, biji cabai yang terapung dibuang saja karena pertumbuhannya kurang baik nantinya.

cara menanam cabai keriting
Biji Cabai siap dijemur
sumber: ide-rumahku.blogspot.com

Jemur biji cabai, tapi jangan jemur di area yang terkena sinar matahari langsung. Biji bisa dijemur dibawah atap atau tempat yang tidak terlalu terang. Setelah benar-benar kering benih cabai pun siap untuk disemai kemudian ditanam.

2. Buat Bibit Cabai Keriting


Siapkan kapas dan bekas minuman gelas, kemudian basahi kapas dan masukkan ke dalam minuman gelas. Tabur beberapa benih cabai ke kapas dan masukkan ke kulkas, INGAT! jangan masukkan ke freezer. Tunggu sampai berkecambah dan bibit Cabai Keriting pun jadi.

3. Pindahkan Bibit ke Pot

Sebelum dipindahkan, siapkan pot berukuran 30cm atau lebih agar kuat menopang tanaman cabai yang rimbun. Wadah bekas lain selain pot juga bisa digunakan tetapi jangan lupa buat lubang di dasar wadah untuk saluran air.

Kemudian isi pot dengan campuran tanah, kompos, dan pupuk kandang (bisa juga ditambah dengan arang sekam). Setelah pot dan tanah siap, pindahkan bibit Cabai Keriting secara hati-hati agar akar tidak rusak. Pemindahan sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari agar tidak terlalu terkena panas matahari.

4. Perawatan Tanaman Cabai Keriting

Rutinlah menyiram tanaman cabai sehari sekali, boleh tambahkan pupuk agar tanaman Cabai Keriting tumbuh lebih baik. Berikan penopang ketika tinggi tanaman mencapai sekitar 20cm, penopang bisa dari bambu atau kayu, ini dilakukan agar tanaman tidak mudah roboh. Ada baiknya di tunas tunas baru yang muncul di samping di potong, ini bertujuan untuk mencegah pertumbuhan ke samping ketika batang utama masih belum kuat menopang.

cara menanam cabai keriting di pot
cabai siap dipanen
sumber: setetes.info

Ketika masa panen tiba, lebih baik memanen Cabai Keriting saat belum sepenuhnya berwarna merah dengan sedikit warna hijau dibuahnya. Waktu paling baik untuk memanen adalah pagi hari di saat buah Cabai Keriting masih segar.

Sekian 4 Langkah Menanam Cabai Keriting di Pot Halaman Rumah. Semoga bermanfaat dan dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga :D
Share on Google Plus

About Unknown

Memberikan Informasi Tentang Cabai seputar manfaat, kegunaan, cara merawat, dan cara menanam cabai.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar