5 Hal Yang Menyebabkan Harga Buah Cabai Naik di Pasaran

Hampir setiap waktu kita membeli buah cabai pasti terjadi kenaikna harga. Sebenarnya harga buah cabai yang naik merupakan hal yang wajar mengingat cabai adalah salah satu bahan pokok, apalagi di mata para pengamat ekonom. Namun tahukah kamu penyebab buah cabai naik?
Bagi kamu yang belum tahu, ada beberapa penyebab buah cabai, antara lain:

5 Hal Yang Menyebabkan Harga Buah Cabai Naik di Pasaran
5 Hal Yang Menyebabkan Harga Buah Cabai Naik di Pasaran


1. Faktor cuaca

Cuaca merupakan salah satu sumber kehidupan bagi tiap makhluk bahkan bagi cabai sekalipun. Dengan anomali musim yang membuat harga cabai naik membuat produktifitas menurun. Mengingat cabai sebagai tanaman yang wajib terkena sinar matahari dan kadar air yang cukup, akibat dari cuaca tidak menentu membuat keadaan tidak bisa diprediksi. Belum lagi pengaruhnya kepada perkembangan pertanian, dan akibatnya para petani terpaksa gagal panen serta menanggung kerugian yang besar. Sehingga modal yang diperlukan menjadi besar.

2. Serangan hama

Mengingat cabai merupakan makhluk hidup, tentu saja bisa terserang hama yang dalam sejarahnya sudah cukup banyak diserang hama seperti, tungau, lalat buah, kutu daun dan hama thrips. Semua itu berpotensi menaikkan harga cabai kedepan yang disebabkan kurang produksi dan gagal panen.

3. Spekulasi tengkulak

Tengkulak masih menjadi masalah dalam negeri ini yang disebabkan hanya tengkulak yang memiliki banyak akses ke pasar. Sementara untuk petani, walaupun memiliki akses masih terhalangi dalam hal fasilitas dan kualitas produknya yang membuat petani tak punya tawar-menawar dalam menjual produknya. Langkah baik disini, adakalanya membuat kelompok petani agar memiliki akses dan fasilitas yang luas dari pemerintah agar terhindar dari tengkulak.

4. Pengelolaan stok pangan nasional yang buruk

Satu sisi masalah tengkulak yang sering spekulasi, sisi lain masalah pengelolaan pangan yang buruk. Karena bila persediaan yang sedikit tidak sebanding dengan permintaan, akan membuat harga cabai meningkat sehingga harus ditentukan oleh jumlah pasokan/suplai dan jumlah permintaan/kebutuhan. 
Melihat lemahnya dalam meratakan stok tiap daerah, membuat pengelola harus berpikir membuat alternatif cabai yang bisa dimanfaatkan saat cabai naik.

5 Hal Yang Menyebabkan Harga Buah Cabai Naik di Pasaran


5. Regulasi yang lemah dari pemerintah

Lemahnya regulasi dari pemerintah menjadi penyebab harga cabai naik. Walaupun petani terus berusaha kepada pemerintah untuk mengendalikan harga cabai namun tetap saja sulit yang disebabkan negeri ini masih negara berkembang dan sulit menahan harga cabai yang bergerak tak terduga.

Inilah beberapa penyebab harga cabai mengalami kenaikan. Bila kamu membeli cabai, ada baiknya langsung ke pasar tradisional dari pada ke warung mengingar harga yang sudah meningkat sekaligus sulit memilih cabai yang bagus di warung.

Share on Google Plus

About Unknown

Memberikan Informasi Tentang Cabai seputar manfaat, kegunaan, cara merawat, dan cara menanam cabai.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar