Cabai Jalapeno, Si Unik, Pedas, dan Berkhasiat dari Meksiko

Pernahkah kamu mendengar cabai yang unik bernama cabai Jalapeno? cabai ini bisa dikatakan unik karena bentuknya yang menyerupai terong dan berwarna mengkilap. Cabai Jalapeno merupakan buah cabai yang berasal dari Meksiko. Rasanya sudah pasti pedas dan ada sensasi 'terbakar' saat memakannya.

Cabai Jalapeno unik dari Meksiko
Cabai Jalapeno
sumber: recipeland.com


Cabai Jalapeno, dibaca "Xalapenyo". Nama Jalapeno diambil dari daerah asal buah cabai ini tumbuh yaitu di Xalapa, Veracruz, Meksiko. Awalnya cabai Jalapeno berwarna hijau yang kemudian matang menjadi berwarna merah, orange, dan kuning. Namun, cabai ini biasa sudah dipetik dan dikosumsi ketika warnanya masih hijau.

Cabai Jalapeno yang sudah matang berukuran 5-10cm dan memiliki tingkat kepedasan yang bervariasi sekitar 2.500 - 10.000 skala Scoville. Selain rasa pedas, cabai Jalapeno memiliki banyak kandungan, per 100gr cabai Jalapeno mengandung 29 kalori, Vitamin B6, C, E, dan K. Juga mengandung karbohidrat dan beberapa mineral lain. 

Cara Makan Cabai Jalapeno

Cara makan cabai Jalapeno adalah dengan menjadikannya acar, topping untuk pizza, filling di makanan yang seperti kebab dan sandwich, sambal untuk Nachos, dan dimasak dengan bahan makanan seperti daging, seafood, atau keju.

Manfaat Cabai Jalapeno

Selain sebagai bahan makanan, cabai Jalapeno memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. Ini karena memakan makanan pedas bisa menurunkan berat badan dan membuat anda jadi lebih banyak mengonsumsi air putih. Selain itu, cabai Jalapeno juga memiliki vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, zat besi, dan Kalsium.

Cabai Jalapeno
sumber: rampages.us

Cara Menanam Cabai Jalapeno

Sebenarnya cara menanam Cabai Jalapeno tidak terlalu rumit jika ada memperhatikan poin poin penting. Pertama siapkan sediki kompos dan air untuk 2-3 benih. Jika sudah mulai berkecambah, jaga kelembapan dan beri sedikit cahaya. Jika bibit sudah memiliki 3-5 daun, pindahkan ke pot atau polybag yang lebih besar dengan tanah yang sudah dicampur kompos. Setelah itu rawat dengan baik seperti siram dengan rutin dan cabut gulma rumput disekitarnya.

Cabai Jalapeno sudah bisa dibeli dan ditanam di Indonesia dengan kisaran harga Rp.8.000 - Rp.10.000 per 10 benih cabai Jalapeno.

Sekian informasi tentang cabai Jalapeno, si unik, pedas dan berkhasiat dari Meksiko. Semoga bermanfaat dan menambah semangat berkebun untuk kita semua.
Share on Google Plus

About Unknown

Memberikan Informasi Tentang Cabai seputar manfaat, kegunaan, cara merawat, dan cara menanam cabai.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar