Harga, Manfaat, dan Cara Menanam Cabai Rawit Merah

Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar kata cabai rawit? Pastinya buah cabai kecil berwarna hijau yang sangat pedas rasanya, juga sangat nikmat jika dinikmati bersama tahu goreng. Cabai rawit tidak hanya tumbuh di Indonesia, buah ini juga tumbuh di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailang, dan Filipina.

Buah cabai rawit disebut sebagai Thai Pepper dan Bird's eyechili pepper dalam bahasa inggris. Buah cabai rawit berwarna merah ketika sudah matang. Meski ukurannya relatif lebih kecil dibanding beberapa varietas cabai di Indonesia, cabai rawit merah memiliki tingkat kepedasan yang tinggi yaitu 50.000 - 100.000 skala Scoville


harga cabai rawit merah
Cabai Rawit Merah
gambar dari malang-guidance.com

Manfaat Cabai Rawit Merah

Tidak diragukan lagi cabai rawit merah memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai bahan untuk masakan yang digunakan oleh hampir seluruh warga Indonesia. Berikut berbagai manfaat dari cabai rawit merah:


  • Meningkatkan nafsu makan. Capcaisin dalam cabai bisa meningkatkan selera makan.
  • Mengurangi rasa pegal-pegal di badan. Rasa hangat dari senyawa kapsisikol dari cabai dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rasa pegal dalam bentuk koyo
  • Menjaga kondisi tubuh. Kandungan vitamin C di dalam cabai rawit merah dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap fit
  • Mengurangi kolesterol dalam tubuh. Cabai rawit merah dapat mengurangi kolesterol pada makanan berminyak sehingga cocok jika dijadikan lalapan dan cabai rawit merah juga dapat membakar kalori dala tubuh.
  • Menambah penghasilan jika dibudidayakan. Cara menanam dan merawat cabai rawit merah yang mudah dan tidak membutuhkan lahan khusus pastinya bisa menambah penghasilan apabila dibudidayakan di halaman rumah. Kalaupun tidak dijual, menggunakannya untuk di rumah sendiri bisa mengurangi pengeluaran dalam rumah tangga.


Harga Cabai Rawit Merah

Kisaran harga cabai rawit merah saat ini juni 2016 adalah antara Rp.28.000 - Rp.30.000/kg. Tentunya dari harga tadi peluang usaha cabai rawit merah cukup menjanjikan. Tidak perlu dengan lahan yang sangat luas, dengan usaha kecil-kecilan di halaman rumah juga sudah cukup.

Manfaat menanam cabai rawit merah
Manfaat menanam cabai rawit merah
gambar dari: m.tempo.co

Cara Menanam dan Merawat Cabai Rawit Merah

Tidak diragukan lagi cabai rawit merah memberikan banyak manfaat. Karena itu banyak yang ingin menanam buah mungil ini di halaman rumahnya. Mudah dan tidak terlalu banyak memerlukan perlakuan khusus, cabai rawit merah bisa dibudidayakan dengan cara yang sama seperti jenis cabai lain. Anda bisa melihat disini untuk mengetahui cara menanam dan merawat cabai rawit merah.

Sekian informasi mengenai harga, manfaat, dan cara menanam cabai rawit merah. Semoga bermanfaat
Share on Google Plus

About Unknown

Memberikan Informasi Tentang Cabai seputar manfaat, kegunaan, cara merawat, dan cara menanam cabai.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar